• Sorry for your inconvenience, Our Website is under development
  • Main office: BPR - NBP 34, Jl. Ade Irma Suriani No. 16 E Pematang Siantar
  • Call us (0622) 420029

Berita dan Pengumuman

RELAKSASI KREDIT TERKAIT COVID-19

  Create by : bernadeta   1634 Kali dibaca

Bahwa hingga awal Maret 2020, tercatat lebih dari 100.000 kasus wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang terkonfirmasi di 114 negara dengan total angka kematian mencapai lebih dari 4.000 kasus. Perkembangan penyebaran COVID-19 berdampak secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kinerja dan kapasitas debitur termasuk  debitur  UMKM,  dalam  memenuhi  kewajiban  pembayaran  kredit  atau pembiayaan, sehingga  berpotensi  mengganggu  kinerja  perbankan  dan  stabilitas sistem keuangan  yang  dapat  memengaruhi  pertumbuhan  ekonomi.  Sehubungan  dengan  hal tersebut, untuk mendorong optimalisasi fungsi intermediasi perbankan, menjaga stabilitas sistem  keuangan,  dan  mendukung  pertumbuhan  ekonomi,  Otoritas  Jasa  Keuangan mengeluarkan   Peraturan  Otoritas  Jasa  Keuangan  Nomor  :  11/POJK.03/2020  tentang stimulus perekonomian Nasional sebagai Kebijakan countercyclical dampak penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Memperhatikan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, prinsip kehati-hatian dan Manajemen Risiko, khususnya risiko kredit, guna mengantisipasi risiko yang akan timbul terhadap kewajiban pembayaran kredit oleh debitur dan berdampak terhadap kinerja BPR NBP 34  maka  kami sampaikan informasi perihal relaksasi yang dapat diberikan PT. BPR NBP 34   terhadap Debitur yang terkena dampak Virus Corona, adalah sebagai berikut:

  • Prioritas Debitur yang mendapatkan relaksasi adalah :
        - Debitur yang menurut penilaian BPR NBP 34 terkena dampak Virus Corona
        - Nilai pinjaman dibawah Rp 10 Milyar
        - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
  • Relaksasi kepada Debitur dalam bentuk Penyesuaian Pembayaran Kewajiban. Adapun jenis relaksasi yang dapat diberikan, antara lain :
          - Perpanjangan jangka waktu;
          - Penjadwalan kembali; dan/atau
          - Jenis relaksasi lainnya yang diberikan oleh BPR NBP 34.
  • Tata cara pengajuan relaksasi dapat dilakukan dengan cara :
    1. Mengisi formulir permohonan Relaksasi Kredit
    2. Pengembalian formulir bisa dilakukan melalui email atau melalui petugas  BPR NBP 34
    3. Relaksasi pinjaman dapat diberikan setelah adanya persetujuan dari  BPR NBP 34     dengan  mempertimbangkan kriteria nasabah yang terdampak wabah Virus Corona
    4. Persetujuan permohonan relaksasi akan diinformasikan oleh BPR NBP 34   melalui saluran komunikasi PT. BPR NBP 34.
    5. Bagi Debitur yang telah mendapatkan persetujuan relaksasi tetap mengikuti persyaratan dan tata cara yang telah ditetapkan BPR NBP 34.
    6. Bagi Debitur yang telah mendapatkan persetujuan relaksasi agar melakukan pembayaran angsuran dengan penuh tanggung jawab sesuai perjanjian relaksasi yang telah disepakati bersama
  • Bagi Debitur yang tidak terdampak wabah Virus Corona agar tetap melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan perjanjian.
  • Nasabah dihimbau agar selalu mengikuti informasi resmi dari PT. BPR NBP 34 dan tidak mudah percaya dengan informasi yang bersifat hoax.

    Berikut ini adalah contoh surat permohonan Relaksasi Kredit PT. BPR NBP 34

Fans Page Kami